13 Fakta Pulau Zanzibar, Lokasi Perang yang Kini Tersohor Keindahannya

whereintheworldisjames – Zanzibar adalah kepulauan yang membentang di sebelah timur pesisir Afrika. Kepulauan yang kini masuk dalam wilayah Tanzania itu terdiri atas dua pulau, yakni Zanzibar dan Pemba. Bersama dengan Pulau Mafia, Zanzibar terkadang dijuluki Kepulauan Rempah-rempah. julukan itu muncul lantaran Zanzibar kaya akan rempah-rempah seperti cengkihm pala, kayu manis dan lada. Dari beragam rempah-rempah itu cangkihlah yang melambungkan nama Zanzibar ke bar bagai penjuru dunia. Secara administrasi Zanzibar meru oaka wilayah semiotom dari Negara Republik Persatuan Tanzania. Sebagai wilayah semiotonom, Zanzibar memiliki hal istimewa untuk mengelola pemerin tahannya sendiri. Sehari0hari, masyarakat Zanzibar menggunakan bahas Swahilli. Swahlli merupakan salah satu bahasa terbesar di Afrika,d an dipakai di sejumlah negara di pesisir timur benua Afrika. Seperti halnya Indonesia. Berikut beberapa tempat wisata Kepulauan Zanzibar yang wajib kamu kunjungi.

Prison Island a.k.a Pulau Penjara

IMG_9543 | Abbas Jamie | Flickr

Pulau indah terletak enam kilometer dari Stone Town. Untuk mencapainya, kita harus pergi nenggunakan kapal sewa. Pulau ini merupakan tempat tahanan masa kolonial Inggris pada abad ke-19. Uniknya, di pulau ini terdapat pusat penangkaran kura-kura raksasa yang berusia ratusan tahun. Selain itu, di sini kamu bisa melihat birunya laut dan emnemukan sport foto yang terbaik.

Kepulauan Tropis di Afrika Timur

Cerita orang Banjar menjadi leluhur orang Madagaskar dan Komoro

Zanzibar sekarang merupakan daerah semi otonom dari Tanzania, sebuah negara di Afrika Timur yang beribukotakan Dar es Salam. Dahulu, Zanzibar menjadi bagian dari Kesultanan Oman. Setalah merdeka, Zanzibar bergabung dengan Tanganyika di tahun 1964 membentuk negara Tanzania. Wilayah Zanzibar merupakan gugusan pulau yang terdiri dari pulau kecil dan besar. Pulau-pulau utamanya adalah Unguja dan Pemba. Iklimnya tropis persis seperti Indonesia. Sebagai wilayah kepulauan, banyak sekali pantai-pantai indah di Zanzibar. Beberapa di antaranya seperti Nungwi, Bweju dan Kendwa menyediakan resort menarik dengan failitas bintang lima.

Aritektur Multikultur Penuh Warna

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengujungi Zanzibar | Tatler Asia

Jika berjalan di sekitar pusat kota Stone Town, mata kita akan takjub melihat perpaduan gaya arsitektur Arab, Afika, dan India. Di sepanjang jalan, terdapat bangunan-bangunan indah dan unik dengan facede dan jendela bernuasa tiga budaya. Datail kecil pada bangunan di Zanzibar seolah menceritakan gambaran historis pengarus multikultur di Zanzibar.

Pantai Zanzibar

The Zanzibar Archipelago: Keindahan Tropis dan Budaya yang Memikat di  Tanzania

Di Zanzibar, banyak pantai-pantai yang bisa dikunjungi. Hampir seluruh pantai di Zanzibar berpasir putih dan airnya berwarna biru kehijauan, ada beberapa pantai yang terbaik yaitu Pantai Nungwi, Pantai Kendwa, paje, dan Kiwengawa yang seluruhnya beradadi pulau Unguja. Namun jika kamu ingin agak jauh lagi mencari pantai untuk snorkling ataupun diving kamu bisa menyebrang dari Pulau Unguja ke Pulau pemba. Di pantai-pantai yang sebutkan tersebut biasanya akan selalu didampingi oleh penginapan-penginapan yang tak kalah cantiknya, kamu bisa memilih oenginapan luxury ataupun budget.

Stone Town

Zanzibar, Kepulauan Rempah Sarat Sejarah

Terlatak di Pulau Unguja, Stone Town adalah kota tua di Zanzibar yang masuk dalam daftar World Heritage UNESCO. Saat kamu mengunjungi tempat ini kamu akan merasa dibawa menuju abad ke-19 dengan vbangunan-bangunan kunonya. Jalan-jalan dei Stone Town akan sangat mengasyikan karena kamu akan berjalan di jalan atau gang sempit yang diapit oleh bangunan-bangunan tua bersejarah.

Mercury House

Freddie Mercury House Stone Town Unguja Zanzibar Island Tanzania East  Africa Stock Photo - Download Image Now - iStock

Salah satu objek wisata unik di Zanzibar adalah Mervury House, buat kamu penggemar berat band Quen maka ini adalah tempat yang tepat untuk mengunjungi rumah kelahiran serta rumah tinggal penyanyi band tersebut, Freddy Mercury. Freddy Mercury yang memiliki nama asli Farrokh Bulsara lahir di Zanzibar pada tahun 1946 dan menetap di sana sampai umur 8 tahun.

By admin