whereintheworldisjames – Kopi atau yang bisa juga disebut “kahwa” merupakan salah satu tanaman industri pertanian yang biasa dijadikan minuman konsumsi hasil seduhan dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Hingga saat ini, kopi telah menjadi salah satu komoditas di dunia yang telah dilestarikan dan di budidayakan lebih dari 50 negara.

Indonesia terkenal memiliki berbagai kopi dari seluruh daerah, setiap daerah tertentu mempunyai ciri khas masing-masing. Saat ini Indonesia menempati peringkat keempat terbesar di dunia dengan hasil produksi sebanyak 648.000 ton, setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan export biji kopi terbesar di dunia dan terkenal memiliki kualitas kopi yang sangat bagus. Ada beberapa kopi dari Indonesia yang menjadi pilihan terbaik dan telah mendunia, apa saja itu? diantaranya adalah sebagai berikut:

Kopi Gayo

Kopi Gayo dengan jenis kopi Arabika memiliki ciri khas rasa yang tinggi dan aroma yang khas. Kopi yang di tanam di daerah Gayo Aceh Tengan Indonesia memiliki beberapa jenis kopi seperti kopi Bergendel dengan ciri khas rasa buah-buah dengan sentuhan herbal, spicy dengan tingkat keasaman yang rendah, kopi Rambung memiliki khas biji paling besar dan pertumhanan yang sangat cepat, kopi Sidikalang memiliki khas masa hidup tanaman yang panjang dengan perawatan dan proses yang tepat, kopi Lini Ethiopia memiliki khas yang berbeda-beda dengan tempat penamaannya merupakan varietas kopi Arabika yang pertama kali masuk Indonesia pada 1928 lalu dan terakhir jenis kopi gayo Timtam Arabusta kopi ini memiliki khas perpaduan antara Arabika dan Robusta. Cara terbaik menikmati kopi Gayo adalah menggunakan teknik V60 atau pour over, menggunakan French press, atau bisa juga dengan menggunakan Vietnam drip maupun aeropress.

Kopi Toraja

Kopi Toraja biji kopi yang berasal dari daerah bukit di Sulawesi Selatan. Kopi Toraja yang paling populer pada saat ini adalah di daerah Toraja Sapan dan Toraja Yale. Pada Toraja Sapan memiliki lahan yang bagus untuk tanaman kopi tumbuh sehingga mampu hasilkan karaker biji kopi yang menjawab ekspetasi penikmat kopi. Pada proses cupping, ada kesan drak chocolate, seet, black tea dan herb. Sangraian medium roast pada kopi menampilkan karakter rasa komplek dengan after taste seimbang dan body yang hebat ketika diteguk. Pada Toraja Yale tidak kalah dengan Toraja Sapan di proses dengan semi wash, pengolahan buah kopi tertentu memiliki pengaruh terhadap karakteristik rasa. Disangrai medium light roast dengan potensi karakter rasa herbal, orange dan tamarind.

Kopi Luwak

Kopi luwak merupakan salah satu kopi yang sangat unik dari Indonesia, pasalnya seduhan dari kopi ini menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Luwak merupakan salah satu hewan omnivora yang sering ditemukan di wilayah Afrika Sub-Sahara dan Asia Tenggara, Biji kopi ini selalu diyakini memiliki rasa yang sangat berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Bahkan, Kopi Luwak ini juga disebut sebagai kopi dengan harga termahal di dunia berkat keunikan nya. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan setelah mengkonsumsi kopi luwak, diantaranya merupakan mencegah terjadinya kanker, meringankan migrain, membantu memperbaiki suasana hati, dan juga kopi ini aman untuk dikonsumsi oleh orang penderita penyakit asam lambung. Meski terkenal sangat baik bagi tubuh manusia, namun jangan berlebihan dalam meminum kopi luwak ini, karena ada efek samping yang bisa dirasakan seperti sembelit, jantung berdebar kencang, dan sulit untuk tidur.

By admin