Alaska salah satu negara bagian Amerika Serikat yang terletak di Amerika Serikat Barat di ujung barat laut Amerika Utara. Negara terluas di Amerika ini mempunyai luas 663.267 mil persegi Alaska adalah rumah bagi berbagai macam lanskap, mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi hingga hutan lebat hingga tundra yang luas. Negara bagian ini juga merupakan rumah begi berbagai macam Flora dan Fauna, termasuk beruang kutub, anjing, laut, paus, dan salmon. Alaskan salah satu tempat terpopuler  untuk rekreasi luar ruangan, termasuk memancing, berburum, hiking, dan camping. Sekitar 5 persen dari keselruhan wilayah alaska tertutup oleh gletser, terdapat sekitar 100 gunung vulkaik yang masih aktif dan di kawasan Alaska dan Alaskan dapat mengalami fenomena Midnight Sun, yaitu selama musim panas, di mana matahari tidk pernah terbenam sepenuhnya selama beberapa bulan. Yuk simak tempat-tempat yang menajubkan di Alaska yang wajib kamu kunjungi.

Tracy Arm

Tracy Arm Fjord | Alaskan Dream Cruises

Tracy Arm merupakan  wisata alam yang terletak di Alaska, sebuah fyord yang terletak di sebelah selatan Juneau. Berbeda dengan fyord pada umumnya, Tracy Arm memiliki pemandangan yang unik karena sebagaian besar wilayahnya ditutupi oleh glester, yag terkenal adalah Sawyer Glaciers. Gletser-gletser tersebut umumnya membentuk dinding es, gunung es, gua es, bahkan air terjun yang mengalir di atas es. Di fyord ini juga bisa ditemukan beberapa spesies hewan seperti beruang coklat, rusa, ikan paus dan anjing laut.

Aurora Borealis

5 Fakta Aurora Borealis: Keindahan dan Misteri di Balik Fenomena Alam

Aurora Borealis merupakan wisata alam yang paling menakjubkan, Aurora Borealis atau lebih dikenal dngan Northern Lights. Karena letaknya berdekatann dengan kutub utara, Alaska menajdi salah satu tujuan wisata favorit bagi para traverler yang ingin menyaksikan keindahan aurora pada malam  di musim dingin. Aurora sendiri merupakan spektrum cahaya berwarna-warni yang berbentuk akibat partikel-partikel matahari yang menabrak medan megnet di kutub atau ketika badai matahari mendidih dan bergejolak, cahaya yang diciptakan oleh hilangnya oksigen paling sering telihat berwarna hijau karena aktivitas atom yang dipercepat yang terjadi pada ketinggian 60-200 mil di atas Bumi. Oksigen pada ketinggian di atas itu sering kali akan bersinar merah, nitrogen di bawah tanda 60 mil akan sering kali tampak berwarna ungu atau biru. Dari sekian banyak wilayah di Alaska lokasi yang sering di kunjungi oleh wisatawan adalah Fairbanks. untuk mengatisipasi dindingnya malam di musim dingin.

Alaska Highway

Alaska Highway Road Trip itinerary | Travel Yukon - Yukon, Canada |  Official Tourism Website for the Yukon Territory

Alaska Highway ini juga merupakan wisata alam, sebuah jalan utama yang membentang mulai dari Dawson Creek di British Columbia (Kanada), kemudian melalui Yukon Territory dan berakhir di fairbanksm, wilayah tengah Alaska. Jalan polos ini pertama kali dibangun pada tahun 1942 pada masa Perang Dunia II. Saat perang berakhir, jalan ini menjadi satu-satunya jalan utama  yang menghubungkan wilayah Yukon dan Alaskan. Karena  memilki Panorama yang cantik, banyak traveler yang sengaja melalui Alaska Highway untuk tujuan rekreasi. Dari Kanada, jalan ini melalui wilayah Whitehorse sebelum memasuki batas internasioanal menuju Alaska. Pada interval 30-50 km sepanjang jalan ini, bisa ditemui pertokoan, penginapan, serta gas station.

Arctic Circle

Arctic Circle Aurora Drive Adventure - GoNorth Alaska

Arctic Circle atau Lingkungan Kutub Utara merupakan wisata alam Alaska yang merupakan sebuah garis imajiner yang terletak pada lintang utara 66 derajat 33 menit. Garis ini juga sering dikenal sebagai titik balik matahari (solstice). Di wilayah ini hingga ke kutub utara, kita bisa menyaksikan matahari bersinar selama 24 jam penuh jika musim panas, serta malam gelap tanpa matahari selama 24 jam jika musim dingin. Tour ke Arctic circle sendiri umunya dimulai dari Fairbanks, kemudian memalui Dalton Higway, meuju ke kawasan tundra alpine.

By admin