Pekanbaru adalah ibu kota terbesar di provisnsi Riau, Indonesia. Kota yang merupakan salah satu sentara ekonomi terbesar di pulau Sumatra dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi. Kota Pekanbaru juga terkenal sebagai kulinernya, kuliner yang memililiki ketertarikan tinggi pada makanan khas melayu. Mulai dari pagi hingga malam hari pun, kota Pekanbaru akan selalu dipadati oleh para turis maupun masyarakat lokal untuk mencari kuliner legendaris. Makanan khas Pekanbaru umumnya menggunakan rempah-rempah khas Nusantara yang tentu saja rasanya akan sangat edeus di lidah. Mulai cemilan, lauk pauk, hingga minumannya pun benar-benar legendaris dan sulit ditemui ditempat lain. Dimana sajaya bisa dapat ditemukan makanan-makanan khas Pekanbaru yang fenomenal. Yuk lihat beberapa makanan khas yang ada di Pekanbaru.

Gulai Tunjang

Resep Gulai Tunjang Restoran Padang, Pakai Kikil Sapi Kurban Idul Adha

Gulai Tunjang ini merupakan makanan khas Pekanbaru yang mempunyai ciri khas, makanan satu ini juga termasuk makanan khas Padang, tetapi juga mbisa ditemukan di Pekanbaru juga. Memiliki bumbu dasar dengan rempah seperti santan, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkua, dan ketumbar. Sementara ini, bahan utama yang dipakai adalah kikil sapi daengan tekstur kenyal.

Roti Jala

Resep Roti Jala Kuah Durian yang Legit Harum Cocok Buat Takjil

Roti Jala adalah makanan khas Pekanbaru, roti jala ini adalah makanan tradisional khas masyrakat Melayu sehingga bisa juga ada di negara Malaysia sekalipun. Roti Jala biasanya disajikan saat bulan Ramadhan atau saat Idul Fitri, Namun ada juga yang menyajikanya roti jala ini sebagai makanan saat diadakan acara pernikahan, syukuran, fastival, hingga arisan sekalipun. Roti jalan biasnya disnatap bersama dengan kari ayam. Selain itu, roti jala dapat dimakan sebagai cemilan pada umumnya dengan varian topping sepeti kuah durian, maupun kuah srikaya.

Mie Sagu

Mie Sagu Goreng Khas Selat Panjang #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

Mie Sagu makanan khas Pekanbaru ini identik sebagai makanan suatu wilayah diĀ  Indonesia, sebab di Kalimantan juga memiliki makanan khas dengan nama yang sama. Perbedaaannya tentu saja terletak pada bumbu dan kondimen yang termuat di dalamnya. Pada mie sagu khas Pekanbaru ini, tampilannya terlihat sama dengan mie pada umumnya, namun sesuai dengan namanya bahan utama makanan khas ini adalah tepung sagu. Setelah sagu dibentuk seperti mie sedemikian rupa, kemudia barulah sagu dibentuk seperti mie, kemudian barulah dicampur dengan berbagai bahan tambahan seperti udang, ayam, dan terlur.

Kopi Kimteng dan Roti Bakar Selai Srikaya

Kedai kopi khas Sumatera - Ulasan Kedai Kopi KimTeng, Pekanbaru, Indonesia  - Tripadvisor

Salah satu makanan khas Pekanbaru yang harus dicoba adalah kopi kimteng dan roti bakar selai srikaya, makanan yang bersamaan disantap ini mempunyai rasa yang khas, roti srikaya mempunyai bentuk tekstur yang lembut ditambah dengan selai srikaya yang enak di lidah.

Es Laksamana Mengamuk

Apps

Es Laksamana Mengamuk minuman ciri khas kota Pekanbaru yang memiliki nama yang unik. Minuman segar yang satu ini kurang lebih seperti es buah pada umumnya karena terbuat dari campuran buah mangga, es serut, susu, dan susu kental manis. Namun yang membedakan dengan es laksamana mangamuk ini adalah bahan yang membedakan yaitu campuran santan.

Bolu Kemojo

Produk Wisata Bolu Kemojo

Bolo Kemoja adalah makanan khas Pekanbaru, rasanya yang tak lengkap jika ke Pekanbaru tidak mencoba Bolu Kemojo. Selain populer sebagai cemilan, Bolu Kemoja juga sangat populer sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru. Bolu Kemojo merupakan kue ,yang berwarna hijau dengan aroma pandan yang dominan. Bentuknya unik karena menyerupai bentuk bungan kamboja , oleh karena itu disebut sebagai nama bolu kemoja.

By admin