Tata rias wajah sering disebut sebagai make-up adalah kegiatan mengubah penampilan dari bentuk asli sebenernya dengan bantuan bahan dan alat yang biasa disebut sebagai kosmetik. Make up menjadi salah satu yang sangat di gandrumi oleh wanita, riasan di wajah dapat membuat wanita menjadi cantik. Dalam hal ini untuk wanita pemula banyak membutuhkan pengetahuan tentang rias wajah seperti Anatomi yaitu memberikan bentuk ideal anggota tubuh, Karakterisasi warna dan garis yaitu memberikan karakterisasi personal, Gradasi warna yaitu memperhalus hasil akhir tata rias, dan komposisi warna. Bagi wanita pemula belajar merias wajah harus mengetahui step-step atau produk make up yang bisa membantu untuk melakukan make up dengan cara simple dan lenih mendasar terlebih dahulu. Ini adalah cara bagi pemula untuk melakukan make-up.

Wajah Yang Bersih

Pada dasarnya banyak pemula yang tidak sadar jika ingin melakukan make up yang bagus dan lama itu tidak hanya disebabkan oleh pilihan produk make up saja, tapi juga kondisi muka. Jika kondisi muka yang tidak terawat dan tidak bersih bisa-bisa produk make up yang diaplikasikan malah bermasalah, seperti tidak ingin menempel, cracking (retak), dan creasing (menggumpal di garis-garis dan lipatan wajah). Sebaiknya jika ingin membuat make up yang sempurna harus membersihakan wajah dan memilih make up yang sesuai dengan jenis kulit.

Primer

Primer adalah make up step pertama yang wajib dipakai, primer dapat membuat tekstur wajah menjadi halus dan menyamarkan tampilan pori-pori yang besar. Kulit wajah akan menjadi kanvas yang sempurna untuk di aplikasi make up.

Foundation

Foundation adalah step kedua untuk memulai make up. Aplikasikan foundation sedikit  dahulu secara merata di seluruh wajah, baru tambahkan leyer baru jika dirasa masih kurang. Untuk membuat foundation menjadi bagus gunakan spons atau kaus untuk mengaplikasikan foundation.

Concealer

Concealer bergunaka untuk menetupi kulit wajah yang sedang berjerawat, noda bekas jerawat, masalah mata panda. Mengaplikasikan concealer pada wajah  secukupnya hanya diarea yang bermasalah, lalu baurkan dengan spons atau kuas.

Bedak

Bedak adalah step berikutnya ketika menggunakan make up untuk mengunci foundation dan councealer agar tidak bergeser dangan aplikasi bedak. Manfaat lain pemakaian bedak adalah membantu menyerap minyak berlebih pada wajah, terutama di area T (dahi, hidung, dan dagu). Gunakan bedak tipis saat menaburkan bedak agar terlihat natural.

Eyeliner

Eyeliner pada make up pemula di sarankan menggunakan eyeliner pensil karena lebih mudah dipakai dan dapat dihapus dengan cepat jika aplikasinya berantakan.

Maskara

Maskara untuk sehari-hari bisa membantu bulu mata tampak lebih panjang, lentik, atau lebat. Tips make up agar bulu mata tetap terlihat natural, cukup dengan pulaskan satu kali aplikasi maskara saja. Sebelum memakai maskara jepit terlebih dahulu bulu mata menggunakan alat penjepit bulu mata lalu aplikasikan maskara.

Pensil Alis

Pensil alis untuk make up pemula lebih baik menggunakan pensil alis mekanik karena tak perlu diraut dan dilengkapi spoolie untuk membantu membaurkan saat aplikasi.

Blush On

Blush On membantu wajah terlihat segar merona. Karena itu , untuk urutan make up yang benar selanjutnya, aplikasikan blush on di sepanjang tulang pipi ke arah pelipis, lalu baurkan memakai kuas besar agar terlihat natural.

Pewarna Bibir.

Stap selanjutnya adalah pewarna bibir, jika ingin tampil natural sebaikanya menggunakan warna yang natural, tidak lupa aplikasikan juga glossy, lip tint agar bibir tidak kering.

Setting Spray

Urutan make up terakhirr adalah menyemprotkan setting spray utnuk mengunci keseluruhan hasil aplikasi make up agar tidak bergeser dan tahan lama. Semprotkan setting spray dari jarak 20-25 cm di depan wajah

By admin